HLOOKUP DAN VLOOKUP PADA MS EXCEL
FUNGSI VLOOKUP DAN HLOOKUP DIEXCEL
Rumus Excel, juga disebut rumus,
digunakan untuk melakukan penghitungan, memproses informasi, menganalisis
konten, pengujian kondisi, dan banyak lagi. Ini membuat segalanya lebih mudah
bagi pengguna, terutama dalam hal data dan statistik.
VLOOKUP dan HLOOKUP adalah fungsi
Excel yang dapat dikategorikan sebagai Lookup dan Reference. Fitur ini bisa
dibilang basic, jadi jangan heran jika kamu melamar pekerjaan yang
berhubungan dengan data. Beberapa perusahaan memastikan bahwa kamu dapat
menguasai fitur ini.
Rumus
VLOOKUP adalah rumus Excel yang digunakan untuk mencari nilai tertentu dalam
kolom atau sumber data lain menggunakan kata kunci vertikal tertentu. HLOOKUP,
di sisi lain, digunakan untuk mencari nilai di kolom horizontal atau sumber
data lainnya.
Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP
1. VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP
digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format
vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array,
col_index_num).
untuk menghindari kesalahan pada
saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range.
Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini.
2. HLOOKUP
Sebenarnya
fungsi HLOOKUP sama dengan fungsi VLOOKUP yang membedakan adalah bentuk tabel
dan letak value yang akan dicari. Rumus Excel Hlookup merupakan salah
satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada baris pertama sebuah
tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada
tabel data tersebut.
Jika value
yang kita cari dengan Fungsi VLOOKUP ada pada kolom pertama sebuah tabel atau
range dan nilai yang dihasilkan ada pada baris yang sama, maka pencarian dengan
HLOOKUP ada pada baris pertama sebuah tabel atau range dan hasil yang
dikembalikan ada pada kolom yang sama.
HLOOKUP(NilaiYangDiCari;
TabelReferensi; NomorBaris; [RangeLookup])
- HLOOKUP RIGHT
Untuk
penulisan rumusnya, bisa melihat di gambar di bawah ini :
HLOOKUP RIGHT adalah Penulisan rumusnya
menggunakan VALUE, karena karakter yang diambil dari sebelah kanan adalah
berupa angka. Jika karakter yang diambil tidak berupa angka, maka tidak perlu
menuliskan VALUE pada rumus. Lihat gambar di bawah
- VLOOKUP LEFT
Untuk penulisan rumusnya,
bisa melihat di gambar di bawah ini :
Pada dasarnya, penulisan rumusnya hampir sama, hanya
saja pada rumus kali ini TIDAK menggunakan VALUE karena karakter yang diambil
dari sel kode sebelah kiri merupakan karakter yang berupa huruf.


Komentar
Posting Komentar